PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG

Aulia Helsa, Octari Hasanah and Syafni, Gustina Sari (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DAN BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB V DAN DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI AULIA HELSA OCTARI HASANAH (2010013411028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V D SD Negeri 36 Gunung Sarik dengan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V D SD Negeri Gunung Sarik tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan enam tahap pembelajaran, yang terdiri dari: stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification dan generalization pada materi bangun datar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V D SD Negeri 36 Gunung Sarik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru saat pembelajaran pada siklus I mencapai 71,87% kemudian pada siklus II persentasenya mencapai 87,5%. Pada siklus I kemampuan berfikir kritis yang dicapai siswa yaitu 42,30% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,62%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis siswa kelas V D SD Negeri 36 Gunung Sarik dapat meningkat melalui model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:18
Last Modified: 21 Mar 2024 04:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item View Item