PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SDN 34 AIR PACAH

Defito, Novrian and Syafni, Gustina Sari (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas IV SDN 34 Air Pacah, Kota Padang, Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua sisklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 34 Air Pacah, Kota Padang, Sumatera Barat yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I yaitu 64% berada pada kriteria (Cukup Baik)dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 96% berada pada kriteria (Baik). Nilai rata-rata pada lembar tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I rata-rata nilai 55 berada pada kriteria (Cukup) dan siklus II rata-rata nilai 84 berada pada kriteria (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika. Peneliti menyarankan Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, model discovery learning, matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:16
Last Modified: 21 Mar 2024 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19469

Actions (login required)

View Item View Item