PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI METODE SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 47 KORONG GADANG PADANG

Masayu, Augi and Yetty, Morelent (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI METODE SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 47 KORONG GADANG PADANG. Diploma thesis, Uniersitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
SKRIPSI MASAYU AUGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 47 Korong Gadang Padang. Hal ini disebabkan oleh guru kurang bervariasi menerapkan metode dalam pembelajaran membaca. Bahkan guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui metode Scramble. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca permulaan yang dikemukakan oleh Muammar (2020). Metode Scramble yang dikemukakan oleh Miftahul Huda (2014). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 47 Korong Gadang yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 79,5% meningkat pada siklus II 90,5%. Sedangkan untuk hasil observasi kemampuan siswa pada siklus I yakni 74% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,5%. Ketuntasan kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I dan II diperoleh persentase pada siklus I sebesar 56% dengan rata-rata 69,4 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88% dengan rata-rata 85,2. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca melalui metode Scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 47 Korong Gadang Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:29
Last Modified: 21 Mar 2024 06:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item View Item