PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI SDN 05 SURAU GADANG, KOTA PADANG

Ria, Mutiara and Wirnita, Eska (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI SDN 05 SURAU GADANG, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I RIA MUTIARA 111 (1).pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V RIA MUTIARA 222.pdf

Download (100kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL RIA MUTIARA 20-169.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa di kelas II SDN 05 Surau gadang, Kota padang. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permualaan siswa kelas II dengan menggunakan model problem based learning (PBL) di SDN 05 Surau Gadang, Kota Padang. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 05 Surau Gadang, Kota Padang, yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar obseervasi kegiatan siswa, dan lembar hasil belajar siswa. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I, yaitu 69,04% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 80,89% dikarenakan pada siklus II peneliti lebih menguasai model pembelajaran daripada siklus I. Persentase observasi kegiatan siswa pada siklus I, yaitu 60,52% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 81,57% dikarenakan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran daripada siklus I. Ketuntasan hasil kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I persentase 75,0% dengan rata-rata hasil belajar 60,74, meningkat menjadi 80% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 76,85 disebabkan siswa lebih efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini berarti pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 05 Surau Gadang, Kota Padang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, model problem based learning (PBL), bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:10
Last Modified: 21 Mar 2024 05:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19475

Actions (login required)

View Item View Item