Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Model Think Pair Share di SDN 21/III Koto Patah Kabupaten Kerinci

Melati Gefina, Yulfia and Putri, Nora (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Model Think Pair Share di SDN 21/III Koto Patah Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
fullteks SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 21/III Koto Patah, Kabupaten Kerinci yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah di kelas, sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar aspek kognitif kemampuan pengetahuan dan pemahaman serta afektif kemampuan diskusi siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran think pair share di SDN 21/III Koto Patah Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar tes akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 57,14% dan meningkat pada siklus II sebesar 85,71% dengan rata-rata 71,42%. Ketuntasan hasil belajar afektif siswa, diperoleh persentase ketuntasan sebesar 60,71% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 78,56% dengan rata-rata 69,63%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif dan afektif siswa di SDN 21/III Koto Patah Kabupaten Kerinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:24
Last Modified: 21 Mar 2024 06:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item