Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa kelas V Melalui Model Make A Match Di SD Negeri 63/X Nibung Putih Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Fulwilni, Nora and Riza, Yulfia (2024) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa kelas V Melalui Model Make A Match Di SD Negeri 63/X Nibung Putih Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER LEMBAR PENGESAHAN BAB I.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB 5 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, proses belajar mengajar cenderung menggunakan pendekatan konvesional yaitu metode ceramah dan kondisi kelas yang monoton serta kurangnya disiplin dan kerja sama siswa dalam berkelompok. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa melalui model Make A Match dalam aspek kognitif (pemahaman) dan aspek afektif (disiplin dan kerja sama). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 63/X Nibung Putih Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa diperoleh persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 26,66% dengan rata-rata 60,33, meningkat pada siklus II sebesar 76,66% dengan rata-rata 81,33. Sedangkan ketuntasan hasil belajar afektif siswa pada siklus I, diperoleh sebesar 27% dengan rata-rata 64,16, meningkat pada siklus II sebesar 75% dengan rata-rata 81,12. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif siswa kelas V di SD Negeri 63/X Nibung Putih Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:19
Last Modified: 21 Mar 2024 06:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item