PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG

ORINA, SAFIRA and Zulfa, Amrina (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (154kB)
[img] Text
TEKS FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 32 Bungo Pasang kota Padang. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Bungo Pasang kota Padang yang berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru terhadap kegiatan pembelajaran dan tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Inquiry. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru saat pembelajaran siklus I 70,8% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,4%. Pada siklus I kemampuan berpikir kreatif yang dicapai siswa yaitu 24% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 32 Bungo Pasang kota Padang, maka dapat disarankan agar model pembelajaran inquiry dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar di kelas dengan memahami secara teoritis dan praktik model pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:18
Last Modified: 21 Mar 2024 06:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19495

Actions (login required)

View Item View Item