PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA VIDIO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 ULAK KARANG SELATAN

Sukma, Almuqni and Syukma, Netti (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA VIDIO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL- BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN - DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (329kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS SUKMA ALMUQNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 01 Ulak Karang Selatan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Make A Match berbantu Media Video Pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 01 Ulak Karang yang berjumlah 24 siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 74,7% termasuk kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 90,9% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 75,8 dengan persentase ketuntasan 56,5% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 83,3 dengan persentase ketuntasan 78,2%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Tipe Make A Match berbantu Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru menerapkan model Kooperatif Tipe Make A Match berbantu Media Video Pembelajaran, agar kedepannya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:15
Last Modified: 21 Mar 2024 06:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item View Item