Oshia, Atasih and Susi, Herawati (2024) “Peningkatan kreativitas belajar mahasiswa melalui Project Based Learning ( Model PjBL) pada mata pelajaran Matematika kelas IV B SDN 47 Korong Gadang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER DLL.pdf Download (29kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB PENUTUP.pdf Download (316kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana paradigma Project Based Learning di kelas IV B SDN 47 Korong Gadang telah meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang semacam ini. PTK ini terdapat dua siklus, dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subyek penelitian adalah 28 siswa kelas IV SDN 47 Korong Gadang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Nilai kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, sesuai dengan pemeriksaan kreativitas belajar siswa. Daya cipta siswa sebesar 65,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 82% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN 47 Korong Gadang dapat menjadi lebih kreatif apabila pembelajaran matematikanya menggunakan paradigma Project Based Learning. Nilai aktivitas guru pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, sesuai dengan kajian aktivitas guru. Aktivitas guru sebesar 63,4% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,8% pada siklus II. Peneliti mengusulkan agar guru menerapkan paradigma pembelajaran berbasis proyek guna menumbuhkan kreativitas siswa. Hal ini berdasarkan temuan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:25 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:25 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19503 |
Actions (login required)
View Item |