PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODL PROBLEM BASED LEARNNG PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 12 KUAMANG KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN

Ade Sri, Madona and Yoserli Kurnia, Rosadi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODL PROBLEM BASED LEARNNG PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 12 KUAMANG KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bismillah Finis Skirpsi serrli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
COVER, BAB 1.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 12 Kuamang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar ranah kognitif tingkat pemahaman (C2) dan A2 (kerjasama) siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model problem based leaming di SDN 12 Kuamang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang siswa Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar afektif siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase ketuntasan hasil belajar aspek kognitif (C2) sebesar 67% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86%, sehingga rata-rata hasil tes belajar siklus I sebesar 71,1 dan siklus II mencapai 89. Presentase aspek afektif tingkat A2 (kerjasama) diperoleh pada siklus I sebesar 74,18%, pada siklus II rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 81,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning terjadi peningkatan hasil belajar kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 12 Kuamang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:29
Last Modified: 21 Mar 2024 07:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item