UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SCRAMBLE DI SDN 02 MUNGKA

Siti, Aisyah and rieke, alyusfitri (2024) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SCRAMBLE DI SDN 02 MUNGKA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya kelas V di SDN 02 Mungka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Matematika di SDN 02 Mungka. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek pada penelitian ini adalah 24 orang siswa kelas V SDN 02 Mungka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, guru, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan (dari 41,66% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II), menjawab pertanyaan (dari 43,74% pada siklus I dan II menjadi 75% pada siklus II), dan berdiskusi kelompok (dari 46,13% pada siklus I menjadi 77,08% pada siklus II). Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan persentase 75% sedangkan pada siklus II yaitu 87,5%.Persentase hasil belajar siswa juga meningkat secara signifikan, dari 41,67% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran tipe Scramble salah satu alternatif guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Model Scramble, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:37
Last Modified: 22 Mar 2024 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19536

Actions (login required)

View Item View Item