PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 08 PADANG PANJANG, KEC, LENGAYANG KAB, PESISIR SELATAN

VIONA, YUNITA and Ashabul, Khairi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 08 PADANG PANJANG, KEC, LENGAYANG KAB, PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (415kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning bagi siswa kelas V di UPT SDN 08 Padang Panjang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning terdapat peningkatan aktivitas guru dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 67,5% sedangkan pada siklus II adalah 87,5%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 25% dengan nilai rata-rata 63,7 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan nilai rata-rata 83,2. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus I ada 5 orang siswa (25%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 16 siswa (80%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di UPT SDN 08 Padang Panjang Kabupaten Pesisir Selatan. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa di UPT SDN 08 Padang Panjang Kabupaten Pesisir Selatan dan disarankan agar guru menggunakan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:42
Last Modified: 22 Mar 2024 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19554

Actions (login required)

View Item View Item