PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU KARTU SOAL PADA SISWA KELAS V SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG

Rahayu, Nesti and Netti, Syukma (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU KARTU SOAL PADA SISWA KELAS V SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG. Other thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN NESTI RAHAYU.pdf

Download (836kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA NESTI RAHAYU.pdf

Download (223kB)
[img] Text
FULL TEXT NESTI RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu kartu soal. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 04 Kampung Olo Padang yang berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian meliputi lembar observasi guru dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 72,22% dengan kategori cukup baik dan siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 91,66% dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 63,2 dengan persentase ketuntasan 48% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 80,8 dengan persentase ketuntasan 76%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu kartu soal dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu kartu soal agar kedepannya hasil belajar siswa meningkat pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:12
Last Modified: 22 Mar 2024 03:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item View Item