PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 13 SURAU GADANG PADANG

Reza, Sri Wahyuni and Arlina, Yuza (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER REZA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI REZAA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang masih menduduki nilai terendah di banding pelajaran lainnya. Selain itu, siswa juga masih kesulitan menelaah soal-soal uraian menggunakan nalarnya serta rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa dalam mengerjakan soal-soal berbentuk uraian pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan literasi numerasi menggunakan model pembelajaran Probelem Based Leraning di kelas V B SDN 13Surau Gadang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Probelem Based Leraning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 13 Surau Gadang dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi numerasi siswa yang didapat melalui lembar tes kemampuan literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Probelem Based Leraning menunjukkan hasil yang baik. Dilihat dari rata-rata persentase kemampuan literasi numerasi siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yakni 60% meningkat menjadi 85% . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Probelem Based Leraning dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SD Negeri 13 Surau gadang Kec. Nanggalo Kota Padang. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar pelaksanaan model pembelajaran Probelem Based Learning dapat meningkatkan aspek-aspek belajar lainnya. Kata kunci: kemampuan literasi numerasi, model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:21
Last Modified: 22 Mar 2024 03:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19605

Actions (login required)

View Item View Item