ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS IV SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK

RahmaDona, Dwi Cahyu Apendi and Arlina, Yuza (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS IV SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (814kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI RAHMADONA DWI CAHYU APENDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Kondisi ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB berdasarkan prosedur Newman. Dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV D SD Negeri 36 Gunung Sarik yang berjumlah 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan memberikan tes essay berupa soal cerita dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini melalui yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada kesalahan menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB yang ditemukan adalah (1) subjek dengan kemampuan tinggi melakukan kesalahan keterampilan proses (2) subjek dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir (3) subjek dengan kemampuan rendah melakukan kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Adapun presentase jenis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman adalah kesalahan membaca 17%, kesalahan memahami masalah 52%, kesalahan transformasi 44%, kesalahan keterampilan proses 85%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir 75%. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah (1) kurang tepat dalam kemampuan membaca soal (2) kesulitan menemukan hal yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal (3) tidak teliti dan fokus dalam perhitungan pengoperasian langkah yang dilakukan (4) tidak mampu memilih faktorisasi yang tepat antara KPK dan FPB (5) tidak tepat dalam menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:33
Last Modified: 22 Mar 2024 03:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item