PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SDN 114/III DUSUN BARU SIULAK KABUPATEN KERINCI

Nailil, Fitri and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SDN 114/III DUSUN BARU SIULAK KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRACK, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB V,KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
SKRIPSI FULLTEXT NAILIL FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar pada Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas VI SD dengan materi bagaimana tubuh kita bergerak kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 114/III Dusun Baru Siulak sebanyak 17 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Data penelitian ini berupa infromasi tentang hasil tindakan yang diperoleh melalui pengamatan, kegiatan guru serta tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran guru pada siklus I 92,5% dengan kategori sangat baik dan pada siklus II 97,5% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 69,70 dengan ketuntasan 58,82% pada siklus I menjadi rata-rata 87,65 dengan ketuntasan 88,24% pada siklus II. Dari temuan penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan penerapakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 114/III Dusun Baru Siulak. Disarankan model pembelajaran inkuiri terbimbing bisa menjadi alternatif untuk sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA di abad 21.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:40
Last Modified: 22 Mar 2024 03:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19652

Actions (login required)

View Item View Item