PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Ayu, Sutianingsih and Yusri, Wahyuni (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi terutama yang berbasis IT, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal dan persentase peserta didik yang menjawab soal sesuai prosedur kemampuan pemecahan masalah masih sangat rendah. Sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi penggunaan media pembelajaran sangat penting saat pembelajaran untuk meningkatkan beberapa kemampuan yang dimiliki peserta didik, salah satunya kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran matematika e-comic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika e-comic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada soal cerita materi SPLDV yang valid dan praktis serta terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dengan model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yakni Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan uji praktikalitas serta tes yang telah dilaksanakan, diperoleh nilai validitas secara keseluruhan yakni sebesar 80% dengan kriteria valid, nilai praktikalitas guru sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis, nilai praktikalitas peserta didik sebesar 85% dengan kriteria praktis, dan hasil uji tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik mendapatkan nilai sebesar 46,15% pada kriteria tinggi dan sedang serta mendapatkan nilai sebesar 7,69% pada kriteria rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika e-comic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada soal cerita materi SPLDV sudah valid dan praktis serta terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat membuat media pembelajaran e-comic yang interaktif dan dapat melakukan uji coba kepraktisan di dua sekolah berbeda agar dapat dijadikan sebagai pembanding. Kata Kunci : Media Pembelajaran E-Comic, Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik, Soal Cerita, SPLDV

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:12
Last Modified: 22 Mar 2024 06:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19675

Actions (login required)

View Item View Item