PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 05 KOTO VIII MUDIK RANAH PESISIR KAB PESISIR SELATAN

Anisa Daventa, anisa and Enjoni, Enjoni (2024) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 05 KOTO VIII MUDIK RANAH PESISIR KAB PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bab Pendahuluan.pdf

Download (780kB)
[img] Text
KESIMPULAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
REVISI_KOMPRE_DONE_ANISA_DAVENTA[1] (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 05 koto VIII Mudik Ranah Pesisir kab Pesisir Selatan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa pada ranah kognitif dengan menggunakan metode Demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 05 Koto VIII Mudik Ranah Pesisir yang berjumlah 12 Orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase pada lembar observasi guru yaitu 79% pada siklus I meningkat menjadi 91% pada siklus II. Pada lembar tes hasil belajar siswa, rata- ratanya meningkat dari 62 pada siklus I meningkat menjadi 81 pada siklus II Lalu pada persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang persentasenya 41% pada siklus I meningkat menjadi 92% pada siklus II. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode eksperimen telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 05 koto VIII Mudik Ranah Pesisir. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Demonstrasi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif variasi untuk menciptakan susana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:00
Last Modified: 22 Mar 2024 07:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19680

Actions (login required)

View Item View Item