Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Auditory Intelectually Repetition Di Kelas IV A SD Negeri 03 Alai Kota Padang.

Marda, Rosa Arsara and Zulfa, Amrina (2024) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Auditory Intelectually Repetition Di Kelas IV A SD Negeri 03 Alai Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (629kB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (102kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV A SD Negeri 03 Alai Kota Padang. Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV A SDN 03 Alai Padang. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 03 Alai Padang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Sabjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar matematika. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Auditory Intelectually Repetition terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase aktivitas guru siklus I sebesar 72,79%, dan pada siklus II mencapai 91,66% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase hasil belajar matematika siswa pada siklus I diperoleh 59,25%, meningkat pada siklus II menjadi sebesar 74,07%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pembelajaran matematika melalui model auditory intelectually repetition meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar model auditory intelectually repetition dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar pembelajaran matematika di kelas IV A. Kata Kunci : hasil belajar, auditory intelectually repetition,matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:59
Last Modified: 22 Mar 2024 06:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19690

Actions (login required)

View Item View Item