PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS VCSD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG

Wiliyana Qodrio, Wili and Siska Angreni, M.Pd, Siska (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS VCSD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover -Bab1.pdf

Download (982kB)
[img] Text
Bab Penutup-Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Full Skripsi wili 19-289.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreaativitas dan hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dengan menerapkan pembelajaran berbasis TPACK di kelas V SD Negeri 36 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, lembar kreativitas dan lembar tes. Hasil observasi guru, siklus I rata ratanya 76,7%, dan siklus II dengan rata rata 91%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPACK dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata-rata kreativitas siswa pada siklus I adalah 65,66%, sementara rata-rata kreativitas siswa di siklus II adalah 92,49%. Dan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Di mana rata-rata hasil ulangan akhir di siklus I adalah 78,44%, sementara rata-rata ulangan diakhir siklus II adalah 92,6 %. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa di SDN 36 Gunung Sarik dan disarankan agar guru menerapkan pembelajaran TPACK dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:45
Last Modified: 22 Mar 2024 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item View Item