PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BELAJAR DARI PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DENGAN BERBANTUAN MEDIA BUKU TEMPEL (SCRAPBOOK) DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) KELAS X (FASE E) DI SMAN 3 PAINAN

MICE AMELSI, MICE AMELSI and MARSIS, MARSIS and Welya, Roza (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BELAJAR DARI PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DENGAN BERBANTUAN MEDIA BUKU TEMPEL (SCRAPBOOK) DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) KELAS X (FASE E) DI SMAN 3 PAINAN. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
TESIS MICE AMELSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Kurikulum Merdeka yang utama adalah untuk menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik diberi kebebasan untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri, sehingga mereka merasa lebih bertanggung jawab atas pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis Pengaruh Keterampilan Menulis Teks LHO dengan Menggunakan Metode Experiential Learning dengan Berbantuan Media Scrapbook pada siswa kelas X (Fase E) di SMAN 3 Painan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasy experimental design). Populasinya adalah seluruh siswa di SMAN 3 Painan yang terdiri dari 4 kelas dan menetapkan kelas X E3 dengan peserta didik sebanyak 29 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X E2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Nilai rata-rata Kemampuan menulis teks LHO yang diajar melalui Metode Experiental Learning dengan berbantuan Media Scrapbook sebesar 36,72, lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik yang diajar melalui Metode pembelajaran konvensional sebesar 33,36. Terdapat perbedaan kemampuan siswa yang diajar melalui Metode Eksperimen menulis LHO menggunakan Scrapbook dan Metode Konvensional. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik yang diajar melalui Metode Eksperimen menulis LHO menggunakan Scrapbook lebih baik dari peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Metode Konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi antara Metode pembelajaran Experiental Learning dan media Scrapbook dalam memengaruhi keterampilan menulis teks LHO kelas X (fase E) di SMAN 3 Painan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data menunjukkan bahwa Hasil Keterampilan menulis teks LHO peserta didik yang diajar dengan metode (Experiential Learning) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional. Tidak adanya pengaruh antara Metode Experiential Learning dengan media Scrapbook dalam kemampuan menulis teks LHO kelas X (Fase E) di SMAN 3 Painan. Kata Kunci: Keterampilan menulis, media Scrapbook, menulis teks LHO, metode pembelajaran Experiential Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:41
Last Modified: 22 Mar 2024 07:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19709

Actions (login required)

View Item View Item