PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI SDN 47 KORONG GADANG

Rayhan, Gusti Fadilla and MUSLIM, TAWAKAL (2024) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI SDN 47 KORONG GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN.pdf

Download (911kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE DI SDN 47 KORONG GADANG 〖Rayhan Gusti Fadilla〗^1, Muslim^1 1^1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: rayhangusti61@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar Siswa di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan dilakukan tes pada akhir siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa kelas IV SDN 47 Korong Gadang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi Guru, angket motivasi dan lembar tes hasil belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar Siswa meningkat, pada siklus I diperoleh sebesar 62%, menjadi 81% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar Siswa pada siklus I diperoleh sebesar 66%, meningkat pada silus II sebesar 81%. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar Siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model scramble di SDN 47 Korong Gadang. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Model Scramble dan Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:29
Last Modified: 25 Mar 2024 01:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item