PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV A DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION SD NEGERI 03 ALAI TIMUR KOTA PADANG

Dinda, Winara and Erman, Har (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV A DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION SD NEGERI 03 ALAI TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover halaman pengesahan dinda winara (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V DINDA WINARA (1).pdf

Download (226kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL DINDA WINARA UBH 20-188 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV A DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION SDN 03 ALAI TIMUR PADANG Dinda Winara1, Erman Har2 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: dindawinaracantika@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) di kelas IV A SDN 03 Alai Timur Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran cenderung terpusat pada guru dan proses pembelajaran IPA yang disajikan kurang kreatif dan menarik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 03 Alai Timur Padang yang berjumlah 29 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil belajar dengan menerapkan model STAD menunjukan peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase siswa pada siklus I sebesar 65,51% dengan rata-rata hasil belajar 74,82 dan meningkat pada siklus II sebesar 86,20% dengan rata-rata hasil belajar 81,89. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN 03 Alai Timur Padang Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat divariasikan dalam penggunaan nya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa menjadi lebih baik. Kata kunci : Hasil belajar, IPA, model Student Team Achievement Division (STAD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:25
Last Modified: 25 Mar 2024 01:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item