STUDI PERFORMANSI PENDINGIN UDARA HIBRIDA UNTUK PENDINGIN UDARA RUANGAN DAN PEMANAS AIR MENGGUNAKAN PHOTOVOLTAIC TENAGA SURYA

Firman, Hidayat and kaidir, kaidir (2024) STUDI PERFORMANSI PENDINGIN UDARA HIBRIDA UNTUK PENDINGIN UDARA RUANGAN DAN PEMANAS AIR MENGGUNAKAN PHOTOVOLTAIC TENAGA SURYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (981kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Daerah yang beriklim tropis, terutama Indonesia, memiliki keunggulan besar karena sinar matahari yang melimpah, dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk panel surya.Energi listrik dari panel surya dapat digunakan untuk sumber energi mesin pengkondisian udara.dengan tujuan utamanya adalah memanfaatkan sumber energy matahari sebagai sumber energy listrik serta memanfaatkan panas buang kondensor untuk pemanas air.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan panas buang kondensor sebagai pemanas air, dan kelembapan yang dihasilkan dari kerja evaporator terhadap ruang kerja evaporator. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dalam waktu 120 menit dengan memvariasikan volume air pada water heater, dan pada rangkaian panel surya secara seri dan paralel pada wakktu cerah dan mendung dengan kompresor 1/2PK.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan panas buang kondensor sebagai pemanas air dan rangakaian pada panel surya secara seri dan paralel disaat cuaca cerah dan mendung. Temperatur air tertinggi diwaktu 120 menit yaitu sebesar 570C, pada pengujian panel surya dirangkai secara seri disaat cuaca cerah. Pada hasil pengujian didapat nilai COP tertinggi sebesar 9,78 saat cuaca cerah dengan menggunakan panel surya disusun secara paralel dan nilai COP terendah sebesar 5,20 terjadi saat cuaca mendung dengan penggunaan panel surya yang disusun secara seri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Teknik Mesin FTI
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:23
Last Modified: 25 Mar 2024 01:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item