ANALISA KEKUATAN TARIK DAN LENTUR KOMPOSIT WOVEN ROVING SERAT KULIT KAYU BALIK ANGIN (MALLOTUS PANICULATUS) CAMPURAN RESIN POLYESTER

Alvino, Muktila Zendy and Yovial, Mahyoeddin (2024) ANALISA KEKUATAN TARIK DAN LENTUR KOMPOSIT WOVEN ROVING SERAT KULIT KAYU BALIK ANGIN (MALLOTUS PANICULATUS) CAMPURAN RESIN POLYESTER. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, DAFTAR ISI, & BAB I.pdf

Download (724kB)
[img] Text
ii. KESIMPULAN DAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (35kB)
[img] Text
iii. FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Material komposit populer karena memiliki berbagai keunggulan seperti ketahanan terhadap korosi, kekuatan yang proporsional, biaya yang terjangkau, dan proses pembuatan yang lebih sederhana dibandingkan dengan bahan lainnya. Dengan perkembangan inovasi di bidang material, serat alami menjadi pilihan sebagai alternatif bahan penguat dalam komposit. Serat alami berasal dari bahan-bahan alam yang dapat diperbaharui seperti serat kayu, serat buah, serat rami, serat bambu, serat pisang, dan sebagainya. Kekuatan serat dipengaruhi secara mencolok oleh orientasi seratnya. Terdapat tiga jenis arah serat yang umum ini termasuk serat dengan orientasi serat tunggal, serat dengan orientasi ganda, dan serat dengan orientasi acak atau isotropik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sifat mekanik dan karakteristik fisik komposit woven roving serat kulit kayu balik angin yang diperkuat resin polyester. Pengujian tarik dengan standar ASTM D3039 dan lentur dengan standar ASTM D790. Terdapat tiga fraksi berat 0:100wt%, 10:90wt%, dan 20:80wt%. Hasil pengujian tarik yang dilakukan didapat nilai tegangan tertinggi pada fraksi berat 10:90% sebesar 1,755,5 Mpa. Sedangkan pengujian tarik yang dilakukan didapat nilai tegangan tertinggi pada fraksi berat 10:90% sebesar 1,755,5 Mpa. Kata Kunci : woven roving, serat kayu balik angin, pengujian tarik, pengujian lentur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Teknik Mesin FTI
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:06
Last Modified: 25 Mar 2024 07:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19807

Actions (login required)

View Item View Item