Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Metode (SAS) pada siswa kelas 1 SDN 004 Belilas Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau

Faradilla, Nindi and Hidayati, Azkiya (2024) Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Metode (SAS) pada siswa kelas 1 SDN 004 Belilas Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Pendahuluan Faradilla Nindi 19-277.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Penutup Fardilla Nindi 19-277.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Full Teks Skripsi Faradilla Nindi 19-277.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pemakaian metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) seharusnya dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas I SDN 004 Belilas, Kab. Indra Giri Hulu, Riau. Namun berdasarkan data, dari 30 siswa kelas I hanya 11 siswa yang memperoleh nilai tersebut KKM yang ditentukan, yaitu ≥ 75, sedangkan sebanyak 19 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Artinya sebesar 63% siswa belum tuntas sehingga harus mengulang untuk pembelajaran keterampilan menulis huruf tegak bersambung sampai mencapai nilai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung mengguanakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas I SDN 004 Belilas, Kab. Indra Giri Hulu, Riau. Teori yang dipakai adaah metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) yang dikemukakan oleh Sawitri (2019). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memperhatikan aspek perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Penggunaan metode SAS dalam pembelajaran peningkatan keterampilan menulis huruf tegak bersambung melalui penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SDN 004 Belilas, Kec. Seberida, Kab. Indragiri Hulu, Riau. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh pada siklus I, yang dilakukan dua kali pertemuan dengan rata-rata 61 dengan persentase ketuntasan siswa 24,1% dan di siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan dengan hasil rata- rata meningkat menjadi 76 dengan persentase ketuntasan siswa 66,6% yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf tegak bersambung. Hasil yang dicapai pada siklus pertama adalah kategori Kurang (K), dan pada siklus kedua telah mencapai kategori Baik (B). Hal ini dapat dicapai karena siswa secara terus menerus diberikan bimbingan secara intensif dalam melakukan kegiatan menulis. Kata Kunci : Menulis, Tulisan Tegak Bersambung, Struktural Analitik Sintesis (SAS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:38
Last Modified: 25 Mar 2024 01:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item View Item