ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PENGERJAAN, DAMPAK DAN SOLUSI PENYELESAIAN PROYEK GEDUNG SENTRA TENUN (DAK) ANGGARAN 2023 KABUPATEN TANAH DATAR MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Rianda, Deofanda Kurnia and Ir. Mufti Warman Hasan, M.Sc.RE, Mufti (2024) ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PENGERJAAN, DAMPAK DAN SOLUSI PENYELESAIAN PROYEK GEDUNG SENTRA TENUN (DAK) ANGGARAN 2023 KABUPATEN TANAH DATAR MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan persetujuan, Abstrak, Bab 1 Deofanda.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka Deofanda.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Full Text Tugas Akhir Deofanda Kurnia Rianda .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keterlambatan proyek merupakan pekerjaan yang tertunda dalam suatu proyek konstruksi dan akan memperpanjang waktu pekerjaan. Keterlambatan bisa dilihat pada time schedule apabila adanya perubahan sesuai dengan time schedule maka dapat dikatakan mengalami keterlambatan. Keterlambatan proyek ini terjadi dari beberapa faktor penyebab dan akan menimbulkan dampak dalam pengerjaannya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor keterlambatan yang paling dominan, dampak yang paling dominan dan solusi yang dapat dilakukan dalam penyelesaian proyek gedung sentra tenun (DAK). Penelitian ini menyeliputi penyebaran kuisioner kepada Expert lapangan dan ahli dengan pengelolahan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab keterlambatan proyek yang paling berpengaruh adalah ketidaktepatan perencanaan tenaga kerja dengan presentase nilai 47,87% dari penyebab lainnya. Sedangkan dampak keterlambatan proyek yang paling dominan adalah tertundanya jadwal pekerjaan pada proyek dengan presentase nilai 62,8%. Untuk itu beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi keterlambatan proyek antara lain meningkatkan kualitas perencanaan, meningkatkan kualitas tenaga kerja, memperbaiki penyediaan material, dan mengelola risiko dengan baik. Kata kunci : Penyebab Keterlambatan, Dampak Keterlambatan, Solusi, AHP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:10
Last Modified: 25 Mar 2024 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19828

Actions (login required)

View Item View Item