PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 21 CUPAK KABUPATEN SOLOK

Fira, Aria Putri and rona, taula Sari (2024) PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 21 CUPAK KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Aya Cover - BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
Skripsi Aya BAB V - Dafpus.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Skripsi Aya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 21 Cupak Kab. Solok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 21 Cupak Kab. Solok yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara Teknik Nomprobability sampling yaitu dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari peran orangtuamenggunakan skala Likert, untuk hasil belajar diperoleh dari dokumentasi hasil ujian semester ganjil 2023/2024. Teknik analisis yang digunakan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian peran orang tua terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 21 Cupak Kabupaten Solok, peran orang tua berada pada ketegori Sangat baik dengan nilai 91,5. Diperoleh nilai koefisien korelasi person antara peran orang tua terhadap hasil belajar IPA sebesar 0,163 dengan ketegori sangat rendah, sehingga dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat hubungan hubungan antara peran orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 21 Cupak Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:08
Last Modified: 25 Mar 2024 06:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19858

Actions (login required)

View Item View Item