ANALISIS MORFOLOGI PERMUKAAN PIPA BAJA KARBON API 5L X42 YANG MENGALAMI KOROSI DI LARUTAN CRUDE OIL PERTAMINA RU II SEI PAKNING

Duwi, Pramana Putra S and Edi, Septe (2024) ANALISIS MORFOLOGI PERMUKAAN PIPA BAJA KARBON API 5L X42 YANG MENGALAMI KOROSI DI LARUTAN CRUDE OIL PERTAMINA RU II SEI PAKNING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER,HALAMAN PENGESAHAN,DAFTAR ISI & BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (791kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
iii. FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 May 2024.

Download (13MB)

Abstract

Pada pipa baja karbon API 5L X42, pipa merupakan bagian yang paling sering mengalami kerusakan,kerusakan pipa di karenakan pipa merupakan bagian dari produksi PT pertamina RU II Sei Pakning. Pada jaringan pipa baja karbon minyak mentah, fluida yang korosif menjadi faktor utama penyebab timbulnya korosi pada pipa. Penipisan atau degradasi material akibat korosi dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kerusakan pada pipa dalam bentuk kebocoran dan pecah. Pada penelitian ini, penulis melakukan sebuah penelitian bentuk dimensi luas dan posisi korosi dengan metode Image Processing dengan menggunakan MATLAB. Dari penelitian Image Processing terhadap pipa korosi pada distribusi minyak mentah , penulis dapat menyimpulkan bahwa korosi yang terjadi pada pipa baja karbon lebih banyak terlihat pada bagian pipa yang berkontak langsung dengan fluida serta dapat melihat luas dan posisi dimana terjadinya korosi. Kata Kunci :Pipa Baja Karbon API 5L X42, Pipa, Korosi Pipa,MATLAB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Teknik Mesin FTI
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:27
Last Modified: 25 Mar 2024 07:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19878

Actions (login required)

View Item View Item