ANALISIS PERKUATAN LERENG TANAH PADA OPRIT JEMBATAN PINO (STUDI KASUS JEMBATAN PINO MARAS-SIMPANG KURAWAN)

Rahmad, Syafutra and Hendri, Warman and Zahrul, Umar (2024) ANALISIS PERKUATAN LERENG TANAH PADA OPRIT JEMBATAN PINO (STUDI KASUS JEMBATAN PINO MARAS-SIMPANG KURAWAN). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jembatan pino yang berlokasi jalan simpang Maras-Simpang Kurawan Bengkulu Selatan terjadi kelongsoran di sekitar oprit jembatan yang di akibatkan oleh beban kendaraan dan kondisi tanah. Untuk mengatasi kelongsoran ini dapat dilakukan perkuatan lereng. Untuk mengetahui dinding penahan tanah memenuhi nilai safty faktor dengan metode Rankine dan dilanjutkan dengan pengecekan software plaxis v20. Factor aman terhadap guling memperoleh nilai 2,72 > 2 yang dinyatakan sesuai, sedangkan untuk Plaxis V2 mendapat nilai sebesar 2,3 sehingga dinyatakan sesuai. Factor aman terhadap geser mendapat nilai sebesar 2.19 > 2 yang dinyatakan juga sesuai. Factor aman terhadap keruntuhan kapasitas dukung tanah 5.28 > 3 . Untuk tekanan air pori dalam kondisi stabil dalam plaxis V2 ialah untuk tekanan maksimum memperoleh 19.81 KN/m3 , sedangkan tekanan minimum memperoleh -109.4 KN/m3. Serta nilai deformasi total memperoleh 5.310 * 10-3 m. Nilai faktor keamanan dinding penahan tanah Kontilever tersebut aman berdasarkan metode yang digunakan, maka dinding penahan tanah Kontilever telah direncanakan dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:47
Last Modified: 26 Mar 2024 01:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item