PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQURY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI SDN 17 ALANG SUNGKAI PESISIR SELATAN

Ahmad, Fauzan and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQURY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI SDN 17 ALANG SUNGKAI PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
(i) Ahmad Fauzan.pdf

Download (615kB)
[img] Text
(ii) Ahmad Fauzan.pdf

Download (327kB)
[img] Text
(iii) Ahmad Fauzan.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 17 Alang Sungkai, Pesisir Selatan. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajran daat mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan Model Pembelajran Inquiry di kelas V SDN 17 Alang Sungkai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan relfeksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 17 Alang Sungkai yang berjumlah 13 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil observasi kegiatan guru siklus I dengan persentase 62,5% meningkat menjadi 87,4% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa juga meningkat dari rata-rata 64,61 dengan ketuntasan 53,74% pada siklus I menjadi meningkat dengan rata-rata 85,25 dengan ketuntasan 91,66% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 17 Alang Sungkai, Pesisir Selatan. Saran dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode Inkuiri, siswa diharapkan aktif dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode Inkuiri, dapat dijadikan salah satu alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: IPA, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:18
Last Modified: 26 Mar 2024 02:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19903

Actions (login required)

View Item View Item