PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG

Indah Irawan, Indah and RIEKE ALYUSFITRI, S. Si., M. Si., Rieke (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
REPOSITORY 1.pdf

Download (561kB)
[img] Text
REPOSITORY 2.pdf

Download (114kB)
[img] Text
SKRIPSI INDAH repository 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IVC SD Negeri 03 Alai Kota Padang. Pada observasi awal yang didapatkan banyaknya siswa kurang berpikir kritis dalam proses pembelajaran matematika dan dapat terlihat dari hasil observasi berpikir kritis yang dilakukan didalam kelas IV C. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV C SD Negeri 03 Alai Kota Padang dengan menerapkan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas IV C yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis siswa, dan tes akhir berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana pada siklus I persentase kemampuan beprikir kritis siswa 74,40%, mengalami peningkatan sebesar 9% diskilus II menjadi 83,39% yang termasuk dalam kategori Sangat Berpikir Kritis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa meningkat dengan menerapkan model Problem Based Learning. Dengan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa diharap dapat menerapkan model Problem Based Learning didalam kelas dalam pembelajaran matematika di SD Negeri 03 Alai Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:14
Last Modified: 26 Mar 2024 06:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19938

Actions (login required)

View Item View Item