PENGARUH PENAMBAHAN DIFA SOIL DAN SEMEN SEBAGAI BAHAN STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN PENGUJIAN CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR)

pratama, fajar wisva and Indra, Farni and Eko, Prayitno (2024) PENGARUH PENAMBAHAN DIFA SOIL DAN SEMEN SEBAGAI BAHAN STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN PENGUJIAN CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR). Diploma thesis, Universitas BungHatta.

[img] Text
Cover, Halaman, Pengesahan, Abstrak, Daftar isi dan Bab Pendahuluan.pdf

Download (976kB)
[img] Text
Bab V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tanah pada tol Padang-Sicincin ini dominan berada diatas tanah lempung. Yang terjadi pada pembangunan jalan tol tersebut nilai CBR tanah kurang dari 6%. Tanah lempung bersifat kembang susut pengaruh perubahan kadar air ini menimbulkan kerusakan pada bangunan. Maka dari itu stabilisasi dilakukan agar bisa bertambah untuk daya dukung tanah optimal. Tanah lempung diperbaiki dengan cara menggunakan bahan Difa Soil dan semen sebagai campuran dalam menstabilisasi tanah untuk meningkatkan CBR. Pengujian yang dilakukan analisa saringan, Atterberg, pengujian pemadatan, dan pengujian CBR. Kadar Difa Soil dan semen digunakan 1,5%, 3%, dan 4,5%. Dari pengujian CBR diperoleh hasil tanah asli 2,64%, Difa Soil dan semen 1,5% sebesar 5,38%, Difa Soil dan semen 3% sebesar 8,86%, Difa Soil dan semen 4,5% sebesar 12,07%. Hasil CBR Difa Soil dan semen mengalami peningkatan setiap dilakukan penambahan persentase Difa Soil dan semen, Mendapatkan hasil optimum di campuran 3%. Difa Soil dan semen dapat digunakan menstabilisasi tanah lempung. Kata kunci: Tanah Lempung,Difa Soil,Semen,Stabilisasi Tanah,CBR

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:09
Last Modified: 26 Mar 2024 08:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19985

Actions (login required)

View Item View Item