ANALISA PERBANDINGAN PENGASUTAN MOTOR INDUKSI HOT WATER PUMP (HWP) 700 HP MENGGUNAKAN SIMULASI SOFTWARE ETAP

Marsinta, Purba and Arzul, Arzul (2024) ANALISA PERBANDINGAN PENGASUTAN MOTOR INDUKSI HOT WATER PUMP (HWP) 700 HP MENGGUNAKAN SIMULASI SOFTWARE ETAP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover DLL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Motor induksi 3 phasa merupakan sebuah mesin listrik yang mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Saat pengoperasian motor secara langsung, persoalan utama mengenai besarnya arus pengasutan yang diserap oleh motor cukup besar mencapai 5 sampai 7 kali arus dan juga terjadinya penurunan tegangan sesaat pada jaringan yang dapat mengganggu kinerja beban-beban lainnya pada bus atau feeder tersebut dan juga kerusakan mekanis rotor. Dari uraian diatas maka, bagaimana cara menurunkan besarnya arus pengasutan. Untuk mengurangi besarnya arus pengasutan saat pengoperasian motor dengan menggunakan peralatan pengasutan motor yang terdiri dari beberapa pilihan metode pengasutan seperti Auto transformer, softstarter,Bintang-segitiga,tahanan luar dan lain sebagaianya, Namun dalam penelitian ini digunakan metode direct on line dan metode pengasutan Auto trafo sebagai pembanding dengan mensimulasikan menggunakan software Etap Power Station sehingga didapat nilai parameter kelistrikan seperti : Metode direct on line: a. Nilai arus starting 396 Ampere atau 446% dari arus nominal (88,7 ampere) b. Drop tegangan di bus 3714,9 Volt atau 89,3% dari tegangan nominal (4160V) c. Kecepatan maksimum motor 1774 rpm terjadi slip 1,43% dari 1800 rpm d. Torsi start motor 559 lb-ft atau 27,1% dari torsi nominal motor (2062,5lb-ft) Metode auto transformer pada satu tahap yaitu tapping 65 persen selama 4 detik: a. Nilai arus starting 201,6 Ampere atau 178,8 persen dari arus nominal b. Drop tegangan di bus 3968,6 Volt atau 95,4% dari tegangan nominal (4160V) c. Kecepatan maksimum motor 1774 rpm terjadi slip 1,43% dari 1800 rpm d. Torsi motor starting 270,2 lb-ft atau 13,1 persen dari torsi nominal motor Dari hasil simulasi etap didapatkan bahwasanya arus starting metode pengasutan auto transformer lebih kecil disbanding pengasutan langsung atau direct on line. Kata Kunci : Pengasutan motor induksi Metode Direct On Line dan Auto Transformator, Starting Motor Induksi tiga Phasa Berdasarkan Standard NEMA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:25
Last Modified: 27 Mar 2024 03:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20035

Actions (login required)

View Item View Item