PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X SMKN 1 PARIAMAN

Rezky Ananda, Putri and Susi, Herawati (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X SMKN 1 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi to upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
halaman 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab kesimpulan.pdf

Download (617kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMKN 1 Pariaman masih rendah. Solusi yang dipilih adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based learning yang dapat membuat peserta didik mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Konvensional pada kelas X SMKN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling. Dari hasil pengundian, terambil kelas X DPIB 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TE 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Pembuktian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-T. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,73 dan 60,34 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung -29,26 dan ttabel 2,0040 dengan kriteria H_0 diterima apabila - ttabel < thitung < ttabel . Dengan demikian hipotesis ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk itu disarankan pada guru kelas saat belajar untuk dapat menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:45
Last Modified: 27 Mar 2024 05:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20060

Actions (login required)

View Item View Item