PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DI KELAS Vl SDN 15 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

rahmelia, bakhtari and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DI KELAS Vl SDN 15 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
UPLOAD I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
UPLOAD II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
UPLOAD III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DI KELAS Vl SDN 15 RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT Rahmelia Bakhtari1, Siska Angreni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: rahmeliab@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model Experiential Learning di kelas Vl SDN 15 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, instrumen yaitu digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus l ke siklus ll dimana rata-rata siswa pada siklus l adalah 62,5% sementara rata-rata hasi belajar siswa pada siklus ll 90,62% dan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus ll. Dimana rata-rata hasil ulangan akhir di siklus l adalah 74,37%, sementara rata-rata ulangan diakhir siklus ll adalah 81,25%. Dapat disimpulkan terjadi hasil belajar siswa di SDN 15 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Kata kunci: Aktivitas Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Experiential Learning, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:10
Last Modified: 28 Mar 2024 06:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20161

Actions (login required)

View Item View Item