PENGARUH STRATEGI INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PADANG

Sari Sumalia, Sari Sumalia and MARSIS, MARSIS and Syofiani, Syofiani (2016) PENGARUH STRATEGI INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2. COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
2. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Padang dalam menulis teks eksposisi dengan pembelajaran saintifik menggunakan strategi inkuiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Ridwan Abdullah Sani dan Sudjana. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penilitian ini adalah SMA N 7 Padang. Untuk mengambil sampel dilakukan secara random sampling (sistim acak). Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah hasil belajar menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang. Analisis data, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t pada taraf 0,05. Berdasarkan pengujian hipotesis terdapat perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi siswa dengan thitung lebih besar dari ttabel4,415. Secara keseluruhandapat disimpulkan bahwa pembelajaran saintifik dengan menggunakan strategi inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil menulis teks eksposisi siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 83, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai 75. Kata kunci : Menulis, teks eksposisi, pembelajaran saintifik, strategi inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:05
Last Modified: 26 Apr 2024 08:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20308

Actions (login required)

View Item View Item