PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Dedes, Surya Putra and Hasnul, Fikri and Syofiani, Syofiani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
11. COVER.PDF

Download (412kB)
[img] Text
11. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan adalah pendapat Sanjaya (2008) dan Cooper (2012) tentang model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op dan pendapat Semi (2009) tentang menulis pantun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian adalah data pretest dan postest kelas eksperimen dan data postest kelas kontrol. Setelah data terkumpul, maka dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas data serta uji hipotesis. Hasil analisis ditemukan bahwa pertama, nilai rata-rata tes akhir setelah mendapatkan perlakuan yaitu 95 sedangkan pada tes awal sebelum mendapatkan perlakuan sehingga didapat nilai rata-rata 60. Terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 35. Berdasarkan uji-t pada hipotesis I diperoleh thitung = 13,07 dengan taraf signifikansi 5%, ttabel =1,69 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Kedua, hasil nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 95 dan di kelas kontrol sebesar 81. Terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 14. Berdasarkan uji-t pada hipotesis II diperoleh thitung 6,34 dengan taraf signifikansi 5%, ttabel=1,69 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis ditemukan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan siswa dalam menulis pantun yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op dengan diajarkan dengan metode ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji hipotesis terbukti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op, menulis pantun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:47
Last Modified: 26 Apr 2024 08:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20321

Actions (login required)

View Item View Item