PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 RAO UTARA KABUPATEN PASAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM MENGANALISIS LAPORAN PERJALANAN YANG DIDENGARNYA

Hasemi, Rafsanjani and Hasnul, Fikri and Dainur, Putri (2016) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 RAO UTARA KABUPATEN PASAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM MENGANALISIS LAPORAN PERJALANAN YANG DIDENGARNYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15. COVER.PDF

Download (350kB)
[img] Text
15. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMPN 2 Rao Utara Pasaman Sumatera Barat dalam menganalisis laporan perjalanan yang didengarkan. Teori yang digunakan adalah Suharyono (1991) dan Roestyah (2012) tentang metode inquiry dan pendapat Tarigan (1986) tentang menulis laporan perjalanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian adalah pretest dan postest kelas eksperimen dan kontrol. Setelah data terkumpul, maka dilakukan penganalisisan data yaitu dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis ditemukan bahwa pertama, nilai rata-rata tes akhir setelah mendapatkan perlakuan yaitu 92 sedangkan pada tes awal sebelum mendapatkan perlakuan sehingga didapat nilai rata-rata 74. Terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 18. Berdasarkan uji-t pada hipotesis I diperoleh thitung = 4,81 dengan taraf signifikansi 5%, ttabel =1,697 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Kedua, hasil nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 92 dan di kelas kontrol sebesar 74. Terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 18. Berdasarkan uji-t hipotesis II diperoleh thitung 4,08 dengan taraf signifikansi 5%, ttabel = 1,645 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis ditemukan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan menganalisis laporan perjalanan siswa yang diajarkan dengan metode inquiry dengan yang diajarkan dengan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rao Utara Kabupaten Pasaman. Berdasarkan hasil uji hipotesis terbukti bahwa penerapan metode inquiry berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar. . Kata Kunci: metode inquiry, menganalisis laporan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:54
Last Modified: 26 Apr 2024 08:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20325

Actions (login required)

View Item View Item