PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA DI KELAS VIII SMPN 2 TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN

Resi, Septari Rumita and Hasnul, Fikri and Gusnetti, Gusnetti (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA DI KELAS VIII SMPN 2 TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3. COVER.pdf

Download (331kB)
[img] Text
3. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis berita di Kelas VIII SMPN 2 Tigo Nagari. Teori yang digunakan dalam penelitian, yaitu teori yang dikemukakan oleh: (1) Semi (2009) tentang hakikat menulis dan langkah-langkah menulis, (2) Chaer (2010) tentang pengertian berita, jenis-jenis berita, dan unsur-unsur berita, dan (3) Wena (2008) tentang pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran biasa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tigo Nagari. Pengambilan sampel dilakukan teknik random sampling karena populasi relatif homogen sehingga terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan langkah (1) menghitung skor hasil tes awal dan tes akhir siswa dalam menulis berita, (2) melakukan uji normalitas, dan uji homogenitas variansi terhadap sampel, dan (3) menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) hasil belajar siswa dalam menulis berita setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik daripada hasil belajar siswa dalam menulis berita sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis proyek dengan ttabel = 1,67 dan thitung = 2,41, berarti thitung ˃ ttabel, artinya hipotesis nol μ1 ≤ μ2 ditolak, (2) hasil belajar siswa dalam menulis berita setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik daripada setelah diterapkan model pembelajaran biasa karena didapat ttabel = 1,67 dan thitung = 2,64, berarti thitung ˃ ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMPN 2 Tigo Nagari. Kata kunci: keterampilan menulis, berita, dan pembelajaran berbasis proyek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 May 2024 02:21
Last Modified: 06 May 2024 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item