PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII.7 DI SMP NEGERI 15 PADANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

Syeftika, Kemala Sari and Hasnul, Fikri and Syofiani, Syofiani (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII.7 DI SMP NEGERI 15 PADANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23. COVER.pdf

Download (424kB)
[img] Text
23. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan keterampilan berbicara siswa kelas VIII.7 di SMP Negeri 15 Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Teori yang digunakan adalah tentang aktivitas siswa menurut pendapat Kunandar (2011), tentang keterampilan berbicara menurut pendapat Ermawati Arif dan Yarni Munaf (2003), dan tentang model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) menurut pendapat Robert E. Slavin (2009). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Masing-masing siklus disajikan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 di SMP Negeri 15 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada aktivitas terjadi peningkatan yaitu 77,5% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II (naik 3,5%). Secara rinci, ditemukan bahwa pada aspek (a) aktivitas bertanya dan mengeluarkan pendapat meningkat dari 65% pada siklus I ke 72,5% pada siklus II (naik 7,5%), (b) aktivitas mendengarkan guru sudah maksimal karena 100% pada siklus I dan siklus II 100%, (c) aktivitas menanggapi meningkat dari 70% ke 80% (naik 10%), dan (d) siswa bersemangat dalam belajar menurun dari 75% ke 70% (turun 5%). Kedua, keterampilan berbicara siswa VIII.7 terjadi peningkatan dari 73,3 pada siklus I menjadi 80,22 siklus II (naik 6,92). Secara rinci dapat dilihat bahwa pada aspek (a) lafal meningkat dari 70,76 pada siklus I menjadi 87,5 pada siklus II (naik 16,74), (b) intonasi meningkat dari 72,30 pada siklus I menjadi 78,33 pada siklus II (naik 6,03), (c) volume meningkat dari 76,92 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II (naik 3,08), (d) kelancaran meningkat dari 76,92 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II (naik 1,08), (e) diksi meningkat dari 76,15 pada siklus I menjadi 88 (naik 11,85), (f) struktur kalimat meningkat dari 80 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II (naik10), (g) sistematika tanggapan meningkat dari 69,23 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II (naik 10,77), (h) responsif meningkat dari 64,61 pada siklus I menjadi 60 (naik 4,61). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara. Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Berbicara, STAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 May 2024 07:08
Last Modified: 06 May 2024 07:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20403

Actions (login required)

View Item View Item