PENGARUH ARUS INDUKSI GEOMAGNETIK TERHADAP KINERJA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI (Analisis Gardu Distribusi kampus 1, kampus 2 dan kampus 3 Universitas Bung Hatta)

ALDINO, FEBRI IRDIYAWAN and Yani, Ridal and Mirza, Zoni (2015) PENGARUH ARUS INDUKSI GEOMAGNETIK TERHADAP KINERJA TRANSFORMATOR DISTRIBUSI (Analisis Gardu Distribusi kampus 1, kampus 2 dan kampus 3 Universitas Bung Hatta). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (593kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arus Induksi Geomagnetik (GIC) terbentuk karena adanya variasi arus ionosfer yang mengalir dipermukaan bumi saat pancaran matahari pagi. Dampak dari variasi arus ionosfer adalah terbentuknya medan magnet induksi dipermukaan tanah. Arus yang terjadi akibat adanya beda potensial dipermukaan bumi yang dinamakan earth surface potential (ESP). ESP ini bertindak sebagai sumber tegangan yang berlaku diantara grounding netral transformator. Arus induksi geomagnetik melewati grounding netral pada transformator yang selanjutnya mempengaruhi kinerja dari transformator. Dari pengaruh arus induksi geomagnetik tadi kita dapat menghitung efisensi dari suatu transformator apa dampak yang ditimbulkannya. Dalam perhitungan efisiensi dan losses yang terjadi akibat ketidakseimbangan beban transformator (rugi-rugi), dari penggabungan nilai losses PN, PG dan Pcu terjadi penurunan efisiensi kemampuan dari transformator. Kondisi transformator tanpa dipengaruhi Arus Induksi Geomagnetik dengan rata – rata nilai efisiensi transformator I beban tidak seimbang tanpa dipengaruhi AIG dikurangi dengan beban tidak seimbang dipengaruh AIG terdapat selisih 0,031%. Trasformator II beban tidak seimbang tanpa dipengaruhi AIG dikurangi dengan beban tidak seimbang dipengaruh AIG terdapat selisih 0,028%. Trasformator III beban tidak seimbang tanpa pengaruhi AIG dikurangi dengan beban tidak seimbang tanpa pengaruh AIG terdapat selisih 0,074%. Kata Kunci : Arus Induksi Geomagnetik (GIC), grounding netral pada transformator

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 14 May 2024 07:53
Last Modified: 14 May 2024 07:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item View Item