PENINGKATAN KERJA SAMA ANTARSISWA DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII.5 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DI SMP NEGERI 3 PALEMBAYAN KABUPATEN AGAM

Septina, Yola Wenian and Hasnul, Fikri and Syofiani, Syofiani (2015) PENINGKATAN KERJA SAMA ANTARSISWA DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII.5 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DI SMP NEGERI 3 PALEMBAYAN KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
6. COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text
6. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerja sama antarsiswa dan hasil belajar siswa kelas VII.5 SMP Negeri 3 Palembayan dalam pembelajaran keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kerja sama antarsiswa dan keterampilan menulis siswa kelas VII melalui model pembelajaran kooperatif tipe round table di SMP Negeri 3 Palembayan Kabupaten Agam. Teori yang digunakan dalam penelitian, adalah teori yang dikemukakan oleh: (1) Isjoni tentang kerja sama, (2) Semi dan Tarigan tentang keterampilan menulis, (3) Barkley, dkk tentang model pembelajaran kooperatif tipe round table, (4) Arikunto tentang penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 3 Palembayan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tertulis, dan pencatatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui: (1) rata-rata hasil kerja sama antarsiswa pada siklus I sebesar 78.8% meningkat menjadi 89.1% pada siklus II. (2) rata-rata hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 70.2 dan meningkat menjadi 85.86 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kerja sama antarsiswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menulis di kelas VII.5 SMP Negeri 3 Palembayan Kabupaten Agam. Kata Kunci: kerja sama, keterampilan menulis, model pembelajaran kooperatif tipe round table.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 27 May 2024 06:35
Last Modified: 27 May 2024 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20468

Actions (login required)

View Item View Item