PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA 1-6 PADANG

DESTI MARNI, DESTI MARNI and MARSIS, MARSIS and Dainur, Putri (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA 1-6 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8. COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
8. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) pengertian puisi,(2) menulis puisi, (3) unsur-unsur puisi, (4) metode pembelajaran, (5) pendekatan saintifik, (6) strategi pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah SMP Kartika 1-6 Padang. Untuk pengambilan sampel dilakukan secara random sampling (sistem acak) . Kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah hasil belajar menulis puisi siswa. Analisis data, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan pengujian hipotesis terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi dengan lebih besar dari . Nilai yang diperoleh adalah 36,786 dengan . 1.160. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dengan metode inkuiri berpengaruh terhadap keberhasilan menulis puisi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil karya menulis puisi bebas siswa di kelas eksperimen ratarata nilai 77, lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang rata-rata nilai 59. Kata Kunci : Menulis, Puisi Bebas, Pendekatan Saintifik, Metode Inkuiri, Karya siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 27 May 2024 06:30
Last Modified: 27 May 2024 06:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20470

Actions (login required)

View Item View Item