EVALUASI KEBUTUHAN DAYA LISTRIK DAN UPAYA PENCAPAIAN EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK DI KAMPUS I UNIVERSITAS BUNG HATTA

BONICA, OKTAFINANDA and Ija, Darmana and NH, Kresna (2015) EVALUASI KEBUTUHAN DAYA LISTRIK DAN UPAYA PENCAPAIAN EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK DI KAMPUS I UNIVERSITAS BUNG HATTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Energi listrik merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting untuk kelansungan hidup manusia, hal ini bisa dilihat dari penggunaan energi listrik baik secara individu maupun secara menyeluruh. Kebutuhan daya listrik yang meningkat disebabkan oleh penggunaan peralatan listrik yang kurang efisien, pemborosan energi listrik ini akan berdampak pada biaya yang akan dikeluarkan setiap bulannya. Kampus I Universitas Bung Hatta merupakan salah satu institusi yang banyak menggunakan energi listrik dari PLN, hal ini dapat dilihat dari jenis dan tingkat kebutuhan beban pada masing-masing gedung. Untuk itu perlu dilakukan suatu evaluasi kebutuhan daya listrik dan upaya untuk pencapaian efisiensi penggunaan energi listrik, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kampus I Universutas Bung Hatta dapat diketahui bahwa jenis beban terpasang yang dominan berupa baban AC 78%, beban lampu/penerangan 14% dan beban listrik lainya sebesar 8%. Berdasarkan total beban terpasang 230,393 kW maka rata-rata penggunaan energi listrik setiap bulan sebesar 48.800 kWh yang terdiri dari jumlah pemakaian WBP dan LWBP dengan total pembayaran tagihan sebesar Rp. 48.730.500. Dalam upaya yang dilakukan untuk pencapaian efisiensi berupa perbandingan AC dan lampu terpasang dengan menggunakan jenis yang lebih hemat energi, dari hasil perhitungan yang dilakukan didapat penghematan terhadap perbandingan sebesar 20081,2 kWh dari rata-rata penggunaan energi listrik setiap bulan dan Rp. 20.052.600,75 dari tagihan rekening listrik. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa penggunaan energi maksimum setiap hari yaitu sebesar 85% dari daya terpasang, sehingga tidak pelu dilakukan penambahan daya listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 May 2024 04:16
Last Modified: 28 May 2024 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20503

Actions (login required)

View Item View Item