EVALUASI KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI 20 KV DENGAN METODE SAIDI DAN SAIFI MENGGUNAKAN ETAP (APLIKASI SISTEM DISTRIBUSI 20 KV KOTA PADANG)

LISAWATI, LISAWATI and Cahayahati, cahayahati and Mirzazoni, Mirzazoni (2015) EVALUASI KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI 20 KV DENGAN METODE SAIDI DAN SAIFI MENGGUNAKAN ETAP (APLIKASI SISTEM DISTRIBUSI 20 KV KOTA PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laju pertumbuhan ekonomi semakin meningkat seiring dengan itu permintaan akan kebutuhan energi listrik juga semakin meningkat pula. Pada saat ini energi listrik sangat berperan penting dalam rutinitas keseharian. Penyalur hendaknya dapat menyalurkan energi listrik yang berkualitas serta berlanjut, karena energi listrik yang handal sangat diperlukan bagi pelanggan listrik dalam menjalani perekonomian. Untuk itu perlunya di adakan evaluasi pada sistem distribusi agar dapat dilihat hasilnya apakah jaringan distribusi tersebut handal. Keandalan merupakan tingkat keberhasilan kinerja suatu sistem atau bagian dari sistem untuk memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan pada suatu periode waktu dan kondisi operasi tertentu. Keandalan juga berarti listrik yang disalurkan tidak mengalami gangguan dan jam pemadaman yang lama. Gangguan dan jam pemadaman merupakan parameter keandalan yang dapat mengklasifikasikan apakah sebuah jaringan distribusi yang evaluasi tersebut handal atau tidak. Dalam mengevaluasi jaringan distribusi dapat digunakan beberapa metoda perhitungan. Pada tugas akhir ini jaringan distribusi akan di evaluasi menggunakan metode SAIDI dan SAIFI, SAIDI (Sistem Average Interruption Duration Index) adalah nilai rata-rata lamanya kegagalan setiap pelanggan selama satu tahun sedangkan SAIFI(Sistem Average Interruption Frequency Index) adalah jumlah rata-rata kegagalan yang terjadi per pelanggan yang dilayani per satuan waktu tahun. Untuk mendapatkan nilai SAIDI dan SAIFI bisa dengan perhitungan secara manual dan bisa juga menggunakan aplikasi ETAP. Setelah nilai SAIDI dan SAIFI didapatkan kemudian dibandingkan dengan nilai SAIDI dan SAIFI menurut standart IEEE. Bedasarkan hasil penelitian didapatkan nilai SAIDI dan SAIFI untuk Kota Padang yaitu SAIDI 5,95 jam/pelanggan/tahun sedangkan nilai SAIFI 8,07 kali//pelanggan/tahun. Kata Kunci : Jaringan Distribusi, Keandalan, SAIDI, SAIFI, ETAP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2024 02:24
Last Modified: 29 May 2024 02:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item