KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 IX KOTO SUNGAI LASI KABUPATEN SOLOK DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK LANGSUNG

Mimi Sartika, Mimi Sartika and Yetty, Morelent and Dainur, Putri (2015) KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 IX KOTO SUNGAI LASI KABUPATEN SOLOK DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK LANGSUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text
1. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok dengan menggunakan objek langsung. Teori yang dipakai sebagai bahan penunjang adalah teori tentang pembahasan deskripsi oleh Keraf (1982:93), Semi (2003:41). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. Dilihat dari persyaratan deskripsi, hasil kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi, (1) Perincian tentang objek adalah amat baik, (2) Membentuk imajinasi pembaca adalah cukup baik, (3) Disampaikan dengan gaya yang memikat dan pilihan kata yang menggugah adalah kurang baik (4) Memaparkan tentang apa yang dilihat, didengar dan dirasakan adalah amat baik, (5) Penyampaian dengan menggunakan susunan ruang adalah kurang baik. Berdasarkan hasil analisis data dari kelima ciri-ciri deskripsi diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi melalui objek langsung siswa kelas VII SMP Negeri 2 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok tergolong kurang baik. Kata Kunci: Kemampuan, Mendeskripsikan, Karangan Deskripsi, Kualitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 May 2024 02:52
Last Modified: 30 May 2024 02:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item View Item