PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII.B DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 1 PAGAI UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Frida, Nurlestari and Hasnul, Fikri and Dainur, Putri (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII.B DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 1 PAGAI UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan menulis siswa kelas VII.B dengan menggunakan metode discovery berbasis media audiovisual di SMPN 1 Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Teori yang digunakan dalam penelitian, yaitu teori yang dikemukakan oleh : (1) Sadirman (2011) tentang aktivitas belajar, (2) Semi (2003) dan Tarigan (2008) tentang keterampilan menulis, (3) Hanafiah dan Suhana (2012) tentang konsep strategi pembelajaran, (4) Azhar (2013) tentang media pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data adalah siswa kelas VII.B SMPN 1 Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan (1) lembar observasi guru, (2) lembar observasi aktivitas siswa, dan (3) tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 72% dan pada siklus II adalah 81% (terjadi peningkatan aktivitas belajar sebanyak 9%), (2) rata-rata hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I adalah 83,99, pada siklus II adalah 88,19 (terjadi peningkatan sebesar 4,22). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode discovery berbasis media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan menulis siswa kelas VII.B SMPN 1 Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Menulis, dan Metode Discovery Berbasis Media Audiovisual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 May 2024 03:42
Last Modified: 30 May 2024 03:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item