PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SANITASI (SOPS) PADA PENGOLAHAN TUNA LOIN (Thunnus albacares) BEKU DI PT. TRIDAYA ERAMINA BAHARI

Darliani, Darliani and Yusra, Yusra (2024) PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SANITASI (SOPS) PADA PENGOLAHAN TUNA LOIN (Thunnus albacares) BEKU DI PT. TRIDAYA ERAMINA BAHARI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i. COVER,HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (917kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (50kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan standar operasional prosedur sanitasi (SOPS) pada pengolahan tuna loin (Thunnus albacares) beku di PT. Tridaya Eramina Bahari. Dan diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan informasi bagi perusahaan pengolahan dan dapat dijadikan bahan masukan dalam penerapan SOPS agar dapat berjalan lebih baik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, survei, wawancara langsung dan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalis secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk gambar dan tabel. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Standart Sanitation Operation Procedure (SSOP) merupakan salah satu persyaratan kelayakan dasar untuk melakukan pengawasan terhadap kondisi sanitasi lingkungan agar prosedur yang dihasilkan aman berkaitan dengan semua saran prngolahan, sarana kebersihan, personil dan lingkungan di Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang dituangkan dalam rancangan SSOP. PT. Tridaya Eramina Bahari merupakan salah satu perusahaan perikanan yang bergerak dalam pengolahan ikan. Produk andalannya yaitu ikan tuna dan marlin, ikan tersebut diekspor ke Negara Prancis, Portugal, Jerman, Belanda, Thailand, Jepang dan Vietnam. Di PT. Tridaya Eramina Bahari belum menerapkan sepenuhnya standar operasional prosedur sanitasi (SOPS) tepatnya pada tahapan packing masih ada juga karyawan yang tidak memakai sarung tangan saat memasukan loin kedalam plastik loin dan pada saat memasuki ruang proses masih ada juga beberapa karyawan yang tidak cuci tangan dan mencelupkan kaki ke dalam bak pencuci kaki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: PSP FPIK
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:01
Last Modified: 19 Aug 2024 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20898

Actions (login required)

View Item View Item