PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ENERGI (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di BEI 2018-2023)

Kurniawan, Muhammad Putra and Ethika, Ethika (2024) PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN ENERGI (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di BEI 2018-2023). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (264kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan green accounting sangat dibutuhkan dalam peningkatan kinerja keuangan perusahaan energi. Peningkatan kinerja keuangan perusahaan energi di Indonesia perlu memperhatikan dan memperkuat karakteristik dari kinerja lingkungan, biaya lingkungan dan pengungkapan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green accounting terhadap kinerja keuangan pada perusahaan energi di Indonesia. Sampel terdiri dari 7 perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan SmartPLS versi 3. Hasil empiris dari penelitian ini memberikan bukti adanya pengaruh positif dari kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan dan pengaruh negatif dari biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan. Namun, pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi perusahaan energi untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja lingkungan, biaya lingkungan dan pengungkapan lingkungan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dan memenuhi harapan para pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:10
Last Modified: 26 Aug 2024 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20986

Actions (login required)

View Item View Item